>

Wednesday, December 20, 2017

Isi Lengkap Surat Bunuh Diri Jonghyun SHINee

1990-2017
Rest In Peace - Kim Jong Hyun


Ternyata, Jonghyun telah meninggalkan surat terakhirnya sebelum memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di usia 27 tahun. Ia meninggalkan surat tersebut kepada sahabatnya 9 dari grup Dear Cloud. 
Ia pun mengunggah surat tersebut di media sosial. Surat ini dipublikasi, setelah mendapat izin dari artis tersebut, dan keinginan Jonghyun surat ini menjadi konsumsi publik. Berikut isi surat terakhir Jonghyun seperti dilansir dari Koreaboo.
"Aku hancur. Depresi yang perlahan menggerogoti akhirnya menghancurkan saya. Dan aku tak bisa melawannya.
Aku membenci diriku sendiri. Aku meraih kenangan kenangan-kenanganku yang terpecah belah dan berteriak kepada mereka untuk menyatukan mereka tapi tak mendapat tanggapan. Jika saya tak dapat membantu diri saya bernapas dengan baik sebaiknya berhenti bernapas. Saya bertanya kepada diri saya siapa yang bertanggung jawab atas saya.
Hanya saya. Aku benar-benar sendirian. Sangat mudah untuk membicarakan soal akhir. Tetapi sangat berat untuk benar-benar berakhir. Saya hidup sampai sekarang karena itu sangat sulit. Kukatakan pada diriku sendiri bahwa aku ingin pergi. Ya, saya ingin lari. Dari diri sendiri. Darimu. Saya bertanya siapa yang ada di sana. Itu aku. Itu aku lagi. Dan itu aku lagi. 
Saya bertanya mengapa saya terus kehilangan memori. Itu karena diri saya sendiri. Saya melihat. Semua itu kesalahan saya sampai akhir. Saya ingin orang-orang memperhatikan tapi tidak ada satu pun. Mereka bahkan belum pernah bertemu dengan saya jadi tentu saja mereka tak tahu keberadaan saya.
Saya tanya mengapa mereka hidup. Mereka hanya hidup, hidup saja. Jika kamu bertanya mengapa saya mati saya akan menjawab bahwa saya lelah. Saya telah menderita dan merenung. Saya tak pernah belajar bagaimana mengubah rasa sakit yang melelahkan ini menjadi kebahagiaan.
Rasa sakit hanyalah rasa sakit. Mereka marah agar saya tak melakukan ini. Mengapa? Mengapa saya tak bisa mengakhiri seperti yang saya inginkan?
Mereka berkata kepada saya untuk mencari tahu mengapa saya merasa sakit. Aku tahu dengan baik. Aku sakit karena diriku sendiri. Ini semua salahku karena aku memiliki banyak kekurangan. Dokter, inikah yang mau kalian dengar? Tidak. Aku tidak melakukan kesalahan apa pun. 
Ketika suara yang lembut menyalahkan kepribadianku, aku berpikir,'sial menjadi dokter itu mudah'. Aneh sekali rasanya menyakitkan. Orang yang memiliki lebih buruk dariku hidup dengan baik, orang-orang yang lemah dariku berjalan dengan baik. Mungkin itu tidak benar. Tidak ada yang hidup, yang membuatnya lebih buruk dariku atau lemah dariku. 
Tetapi saya harus hidup. Saya terus bertanya pada diri sendiri mengapa saya harus ratusan kali dan iu bukan untuk kebaikan saya sendiri. Itu untuk kalian. Tolong jangan katakan apapun jika kalian tidak memahaminya. Cari tahu mengapa saya terluka? Aku sudah bilang kenapa. Apakah salah begitu menyakitkan karena itu, apakah saya butuh memiliki alasan yang dramatis? Alasan yang lebih spesifik?
Saya sudah katakan. Mengapa kalian tak mendengarkan? Hal yang bisa kalian atasi bukanlah bekas luka seumur hidup. Aku memang tak pernah tercipta untuk melawan dunia. Hidup di dalam kepopuleran memang bukan untukku. Itulah kenapa semua terasa menyakitkan. Karena aku terkenal. Mengapa saya memilih ini? Ini sangat lucu. Sungguh mengharankan saya bertahan begitu lama. 
Apa yang bisa saya katakan. Katakan saja aku telah melakukannya dengan baik, Itu cukup bagus. Bahwa saya telah bekerja keras. Meski Anda tak bisa tersenyum jangan salahkan saya. Anda berhasil, Anda telah bekerja keras. Selamat tinggal,” 
Jonghyun SHINee
--------------
Tanda perpisahan lain juga terlihat dari musik video single solonya berjudul Lonely ,lagu duetnya bersama Taeyeon. Musik video yang diunggah pada 24 April 2017 tersebut kini menjadi sorotan karena Jonghyun bunuh diri di akhir musik video tersebut. 
Sepanjang video, Jonghyun terlihat menghitung hari dan nampak sangat depresi hingga akhirnya menenggelamkan diri di bak mandi. Dalam adegan di kamar mandi juga terlihat asap, diketahui menghirup asap karbon monoksida merupakan salah satu cara bunuh diri yang populer di Korea Selatan.
Bahkan lirik lagu yang dikarang sendiri oleh Jonghyun ini sangatlah menyayat hati. 
Jika aku mengatakan bahwa semuanya sulit sambil menangis. Akankah menjadi lebih baik? Sayang aku sangat kesepian sangat kesepian. Aku merasa seolah aku sendiri,” demikian penggalan lirik lagu yang dinyanyikan bersama Taeyeon SNSD tersebut.

Kalau misalkan Jonghyun oppa masih hidup, aku cuman mau bilang. "Berhentilah jadi idol K-pop,jangan lukai dirimu sendiri karena semua masalah pasti ada jalanya.. Daripada kau harus berhenti dari hidupmu hingga akhirnya banyak membuat orang yang menyayangimu terluka"
Jika Anda butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Anda melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.

cr : cnnindonesia

No comments:

Post a Comment

Ayo guys, berikan komentarmu! dan Jangan lupa patuhi peraturan dibawah ini :

- Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan
- Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
- Dilarang KERAS!! berkomentar yang mengandung unsur Negatif,SARA, Pornografi dan Judi
- Dilarang berkomentar yang tidak berhubungan dengan topik
- Dilarang promosi usaha (travel,olshop,obat,dll) dikolom komentar ini, dicbox saja boleh asal tidak nyepam
- No anonymous,unknown or delete -,-
- Tidak mematuhi? HAPUS!! Admin sering online untuk memantau blog ini
- Repost?credit please.....