❃ MIA PLANET ❃

ENTRY ABOUT ME FRIELFS STUFF bias






Filosofi Lima Jari
Sabtu, 27 Mei 2017 - Permalink - 0 Comments


Kemarin abis baca buku milik tetangga.. eh,nemu artikel ginian. sekalian aku post deh *gaknanya



1. Ibu Jari
Ibu jari adalah simbol pemimpin. Dia yang utama dan induk keempat jari lainnya..Kenapa ini identik dengan simbol pejabat? Karena jempol biasanya identik dengan persetujuan, kebagusan, dan sifat baik. Bukankah pemimpin biasanya menjadi tokoh sentral untuk urusan setuju dan tidak setuju pada sebuah keputusan? Pimpinan juga merupakan patron, dimana apa yang biasanya dianggap baik oleh pemimpin, juga diikuti oleh rakyatnya? Coba angkat palu tanpa ibu jari,bisa tidak? pasti tidak kan.
2. Jari Telunjuk
Jari telunjuk adalah simbol dari orang-orang kaya. Sebab budaya orang kaya biasanya menunjuk. Jika butuh apa-apa orang kaya biasanya tinggal tunjuk karena dia punya kekuatan. Bahkan dengan harta yang dia miliki, dia bisa mengatur keputusan seorang pemimpin untuk setuju atau tidak setuju akan suatu masalah. Sekarang coba tunjuk sesuatu. Ketika sedang menunjuk, ibu jari menekan ketiga jari lainnya untuk tunduk.
3. Jari Tengah
Ini simbol Ulama. Posisinya di tengah. Jari tengah merupakan jari yang paling tinggi diantara kelima jari, akan tetapi setiap kali kita akan makan menggunakan tangan, atau mengambil suatu barang, secara anatomis jari tengah akan menarik diri menjadi sejajar dengan empat jari lainnya. Itulah perlambang kebijakan jari tengah, ulama.
Jari tengah tidak ke kiri dan tidak ke kanan. Memang begitulah sebaiknya ulama. Dia tidak kemana-mana, tapi ada dimana-mana. Posisi ulama itu ditengah-tengah umat. 
4 Jari Manis
Ini simbol remaja. Dimana segala sesuatunya tidak lepas dari unsur “manis”. Senyum manis, wajah manis, suara manis, dan segalanya manis. Sekali lagi coba kita lihat. Pernah coba mengangkat jari manis? Bisakah dia dengan sempurna berdiri tegak? Ternyata sulit sekali kan? Itulah ibarat masa remaja. Pada masa itu, para remaja merasa sudah bisa mandiri, tidak mau diatur, maunya bebas, lepas tanpa aturan, padahal sesungguhnya dia masih memerlukan topangan dari orang tua, guru dan orang lain.
5. Kelingking
Ini jari terkecil dalam susunan lima jari kita. Ini adalah simbol kaum perempuan. Kelingking ini kecil, mungil tapi “fungsional”. Justru karena kecilnya, dia bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh ke-empat jari yang lain. Biarpun kecil, kelingking ini “menangan”. Coba ingat ketika kita suit, kelingking bertemu jempol maka yang menang kelingking.
Itu juga simbol. Bahwa meskipun kecil, tapi kaum wanita bisa ”merayu” para pemimpin yang kebetulan suaminya mungkin untuk menjadi lebih baik, atau juga sebaliknya. Sejarah banyak menceritakan, bahwa puluhan laki-laki perkasa, terjatuh di kaki kaum wanita. Maka sungguh dahsyat peran kaum wanita ini untuk menentukan masa depan peradaban bangsa. Sebagaimana sabda Rasulullah “Wanita tiang negara, kalau baik kaum wanita, maka mulyalah negara. Kalau rusak kaum wanita, maka hancurlah negara”.
Semoga bermanfaat~

Posting Komentar

Ayo guys, berikan komentarmu! dan harus dengan kalimat yang baik yaaa.

-Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
-Repost?credit please.....



Copyright© 2017.Siti Fatimah Al Islamiah.