>

Monday, August 18, 2014

Fakta Tentang Indonesia




Mumpung sekarang lagi Dirgahayu Indonesia ke-69, saya mau ngepost sedikit ya tentang fakta menarik Indonesia.. langsung saja, ini dia...........:

-Stadion Senayan di Jakarta, Indonesia, adalah stadion terbesar di seluruh dunia ketika selesai pada tahun 1962 untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Kapasitas yang dapat menampung sampai dengan 100.000 orang.
- Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia (sekitar 85.000 km)

-Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

-Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg
- Bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi, berat 7 kg (15 pon) dan hanya tumbuh di pulau Sumatera Indonesia. Kelopaknya tumbuh 0,5 meter (1,6 kaki) panjang dan 2,5 cm (1 inci) tebal.
- Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 18.000 pulau.
- Indonesia adalah negara keempat terpadat di dunia dengan sekitar 224 juta orang
- Freeport Grasberg tambang di Papua Barat pulau, Indonesia, adalah tambang emas terbesar di dunia. Selain itu, juga tambang tembaga ketiga terbesar di dunia.
- Candi Borobudur di Jawa Tengah, Indonesia, adalah kuil budha terbesar di Dunia, yang dibangun pada abad ke-9, dan dianggap sebagai salah satu Keajaiban Dunia yang terlupakan.
- Jakarta adalah kota paling tercemar di dunia KETIGA, setelah Bangkok dan Mexico City (Sumber dari sebuah artikel di The Jakarta Post 06 Mei 2005).
- Danau Toba adalah: Danau Terbesar di Asia Tenggara, Danau Sepanjang Tahun Terbesar di Asia Tenggara, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia
- Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dengan sekitar 150 juta orang
- Letusan gunung terbesar di zaman bersejarah pada tanggal 27 Agustus 1883, adalah letusan Krakatau, sebuah pulau 47 km persegi di Selat Sunda, antara Sumatera dan Jawa. Gelombang yang dihasilkan menyapu 163 desa dan menewaskan 36.380 orang. Gelombang hingga 55 km, dan debu jatuh 5330 km 10 hari kemudian. Ledakan terdengar empat jam kemudian di pulau Rodrigues, 4776 km, bagai deru senjata berat dan terdengar lebih dari sepertiga permukaan dunia.
- Pencipta Singapore National Anthem adalah orang Indonesia (dari Sumatera) Mr Zubir Said.
- Diluncurkan pada tahun 1976, satelit Palapa A membuat Indonesia menjadi negara ketiga di dunia untuk menempatkan satelit ke ruang angkasa.
- Lagu " Indonesia Raya " di ciptakan pada tahun 1942 (ralat tahun 1924) dan dikumandangkan untuk pertama kalipada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya pada penutupan acara Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda.
-RI merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
- Republik Gabon di Afrika Barat memiliki tanggal kemerdekaan yang sama dengan RI. Bedanya, Gabon merdeka pada tahun 1960.
-Bendera Indonesia dan Monac sama persis.
- Bahasa Indonesia dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam.
-Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia.
- Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia.
- Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang berhasil tembus ke Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1930 yang ketika itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.
- Suporter Indonesia termasuk dalam 10 Suporter Terbesar & Terfanatik di Dunia di posisi 3. Franz Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal. Dan hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%.
- Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) termasuk dalam 10 stadion terbaik di Asia dan 10 terbesar dunia.
- Jamrud Khatulistiwa Julukan ini diberikan dunia kepada Indonesia karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang sangat hijau seperti jamrud.
-Indonesia mempunyai kekayaan alam dan budaya yang melimpah.
- Balinesia. Julukan Ini diberikan oleh para tourist yang mengagumi penampakan alam saat berkunjung ke bali. Dengan catatan sebenarnya para tourist itu tidak tahu jika bali adalah bagian dari indonesia
-Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

-Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. dan juga mempunyai bahasa terbanyak di dunia.
-Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
-Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
-Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
-Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. 
-Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
-Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
-Memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.
-Bunga nasional Korea Utara yang amat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno.
-Indofood merupakan produsen mie instan terbesar di dunia.
-Tiga jenis kopi andalan Starbucks di Seattle, AS, adalah : Sumatera, Java Mocha dan Toraja Coffee. Ketiga jenis kopi ini dipajang di etalase paling depan.
-Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.
-Penyebutan angka 1-9 dalam huruf Bahasa Indonesia mengandung misteri. Jika kita menjumlahkan dua angka yang huruf awalannya sama, maka hasilnya selalu sepuluh.
Berawalan S -> Satu + Sembilan = Sepuluh
Berawalan D -> Dua + Delapan = Sepuluh
Berawalan T -> Tiga + Tujuh = Sepuluh
Berawalan E -> Empat + Enam = Sepuluh
Bahkan Lima + Lima = Sepuluh

- Bila 17 Agustus menjadi tanggal kelahiran Indonesia, justru tanggal tersebut menjadi tanggal kematian bagi pencetus pilar Indonesia. Pada tanggal itu, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, WR Soepratman (wafat 1937) dan pencetus ilmu bahasa Indonesia, Herman Neubronner van der Tuuk (wafat 1894) meninggal dunia.
- Ramalan Jayabaya yang tak kalah terkenalnya pula adalah 2 huruf akhir/sebagian kata nama pemimpin Indonesia yang dirangkum dalam sebuah kata NOTONOGORO. Dan hal itu sudah pula terbukti dengan 3 periode masa pemerintahan presiden Indonesia, yaitu: SoekarNO, SoeharTO, Susilo Bambang YudhoyoNO. Bagaimana dengan BJ Habibie, Megawati dan Gus Dur/Abdurahman Wahid?? 3 Presiden itu tidak dihitung karena tidak memerintah selama 1 masa pemerintahan penuh. Konon katanya seorang presiden yang akan menjadikan Indonesia makmur dan sejahtera, dipandang dunia dan dihormati adalah seorang presiden dengan huruf akhir “O”. dan sekarang Pak Joko WidodO


Setelah baca fakta diatas, semoga kalian semakin cinta dengan Indonesia. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Ayo guys, berikan komentarmu! dan Jangan lupa patuhi peraturan dibawah ini :

- Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan
- Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
- Dilarang KERAS!! berkomentar yang mengandung unsur Negatif,SARA, Pornografi dan Judi
- Dilarang berkomentar yang tidak berhubungan dengan topik
- Dilarang promosi usaha (travel,olshop,obat,dll) dikolom komentar ini, dicbox saja boleh asal tidak nyepam
- No anonymous,unknown or delete -,-
- Tidak mematuhi? HAPUS!! Admin sering online untuk memantau blog ini
- Repost?credit please.....