>

Saturday, August 09, 2014

Makanan Indonesia Terenak





Waahh...kalau sudah ngomongin soal makanan nih pasti sudah terbayang pengen makan. Di Indonesia sendiri banyak sekali kuliner-kuliner yang tak kalah lezatnya dengan kuliner negara lain. Bahkan ada juga beberapa makanan di Indonesia yang kelezatanya telah diakui oleh dunia. Kira-kira apa saja ya? Berikut bebrapa diantaranya :

1. Rendang

Makanan yang bahan utamanya terbuat dari daging sapi inipun pernah masuk kedalam jejeran makanan terenak didunia. bayangkan saja daging sapi yang dicampur dengan bumbu khas rendang yang lezat membuat lidah anda pasti bergoyang karena ketagihan rasanya.

2. Bakso


Makanan berkuah ini biasanya sering sekali kita jumpai di daerah kita. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran

3. Nasi Goreng


Nasi yang digoreng bersama bumbu-bumbu khas nasi goreng inipun juga tak kalah enak. bahkan artis Korea,sebut saja Super Junior. saat Konser di Indonesia mereka meminta memesan nasi goreng untuk menu makananya.

4. Sate

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).

5.Nasi Kuning

Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. biasanya Nasi kuning sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan

6. Gado-Gado


 Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

7. Soto

 Soto adalah semangkuk daging dipotong kecil-kecil, disajikan dalam kuah beserta dengan beberapa sayur-sayuran.  Di Indonesia sendiri ada lebih dari ratusan jenis soto yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.  Sebut saja Soto Madura, Soto Betawi, Soto Sukaraja,Soto Lamongan serta soto-soto khas daerah lain di Indonesia yang menyajikan kelezatan tersendiri.  Biasanya, soto sangat nikmat disantap bersama kerupuk dan segelas es teh.

8. Gudeg


 Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

9.Pempek


 Makanan asal Palaembang ini konon pertama kali dibuat oleh imigran asal Cina yang bekerja di Palembang sebagai pedagang ikan dan tepung tapioka.  Dan memang, resep utama Pempek terbuat dari kedua bahan utama tersebut.  Pempek menjadi salah satu hidangan paling dicari di Indonesia karena bisa disantap sebagai snack ringan ataupun makanan utama.  Biasanya, pempek disajikan dengan saus asam manis yang bisa menambah selera makan anda.

10. Rawon

 Rawon merupakan sup berwarna hitam kecoklatan yang di dalamnya terdapat banyak daging sapi yang empuk dan kecambah. Bumbu khas rawon membuat makanan ini memiliki rasa yang unik sekaligus memanjakan lidah anda dengan berbagai rasa manis, asam, dan asin



Kira-kira makanan apa yang paling anda suka???

No comments:

Post a Comment

Ayo guys, berikan komentarmu! dan Jangan lupa patuhi peraturan dibawah ini :

- Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan
- Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
- Dilarang KERAS!! berkomentar yang mengandung unsur Negatif,SARA, Pornografi dan Judi
- Dilarang berkomentar yang tidak berhubungan dengan topik
- Dilarang promosi usaha (travel,olshop,obat,dll) dikolom komentar ini, dicbox saja boleh asal tidak nyepam
- No anonymous,unknown or delete -,-
- Tidak mematuhi? HAPUS!! Admin sering online untuk memantau blog ini
- Repost?credit please.....