✿ MIA PLANET ✿

ENTRY ABOUT ME FRIELFS STUFF bias





Mengapa Nyamuk Suka Gigit Darah Manusia??
Jumat, 15 Agustus 2014 - Permalink - 0 Comments


Mendengar kata nyamuk? kita pasti sering kesel kan, lah abisnya setiap malam nyamuk itu gigitin kita,padahal kan kita kagak pernah gigitin nyamuk #lol.. 

Mungkin banyak orang yang berfikir, bahwa darah adalah makanan pokok nyamuk, tapi sebenarnya?TIDAK..!! Nyamuk lebih berselera mengisap madu, juga nektar dari bunga-bunga, dan mereka menjadikan itu sebagai makanan pokok mereka. Sebenarnya, hanya nyamuk betina yang menggigit dan mengisap darah kita, untuk tujuan reproduksi.  
Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan nyamuk suka menggigit seseorang. faktor-faktor tersebut antara lain :




Nonanal
Menurut Ahli kimia ekologi Walter Leal, ternyata manusia memiliki suatu zat yang mampu mengundang nyamuk untuk menghisap darahnya . Zat tsebut bernama Nonanal, selain manusia,burungpun juga menghasilkan zat tersebut. Pakar tersebut melakukan percobaan untuk mencari banyaknya zat nonanal yang dihasilkan manusia. Caranya dengan menyuntikkan alat seperti suntikan pada kulit lengannya. Setelah itu lengan Leal dibungkus dengan aluminum foil untuk mengisolasinya dari lingkungan. Satu jam kemudian, ujung suntikan diinjeksikan ke dalam sebuah perangkat khusus guna melihat seberapa besar kadar nonanal yang diproduksi. Ternyata dalam penilitian tersebut menghasilkan data bahwa manusia melepaskan 20 nanogram nonanal dan itu termasuk cukup tinggi.

Golongan darah
Dikarenakan darah manusia dapat diibaratkan sebagai lumbung protein raksasa, oleh karenanya banyak nyamuk lebih suka menyerang manusia dibandingkan hewan. Menurut penelitian, orang dengan darah O lebih cenderung sering mendapatkan gigitan nyamuk dibandingkan dengan orang-orang dengan golongan darah A.

Apabila golongan darah O lebih rentan diserang nyamuk dan golongan darah A lebih sedikit, untuk posisi tengah diduduki oleh orang-orang dengan golongan darah B.


Emisi karbondioksida
Semakin berumur seseorang dan semakin besar ukuran tubuhnya, menurut penelitian, emisi karbondioksida yang dikeluarkan melalui nafas juga semakin besar pula.
Nyamuk dapat dengan mudah mencari mangsa dengan cara mengidentifikasi emisi karbondioksida dari nafas. Sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa nyamuk dapat mendeteksi emisi karbondioksida dari jarak sejauh 164 kaki atau sekitar 50 meter. karena itu, orang dewasa lebih sering digigit nyamuk dibandingkan bayi atau anak-anak.


Metabolisme dan panas tubuh
Selain mengeluarkan emisi karbondioksida, manusia juga menghasilkan senyawa-senyawa lain yang digunakan oleh nyamuk sebagai indikator.
Ketika seseorang memiliki aktivitas padat, tidak jarang mereka akan berkeringat. Dari keringat tersebutlah, muncul asam lactid, asam uric, amoniak dan senyawa lainnya.
Dari bau senyawa tersebutlah maka nyamuk dapat mengidentifikasi di mana letak 'makanan' mereka.


Bakteri pada kulit
Dipercaya atau tidak, kulit manusia memiliki banyak sekali bakteri yang hidup di permukaannya. Bakteri-bakteri yang ada di permukaan kulit manusia sangat beragam. 


Minuman beralkohol
Menurut sebuah penelitian, apabila seseorang meminum minuman beralkohol, maka akan meningkatkan kadar ethanol dalam keringat. Selain kadar ethanol meningkat, temperatur tubuh juga naik.
Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa seseorang dengan temperatur tubuh tinggi, suhu badannya panas, akan lebih disukai oleh nyamuk.


Wanita hamil
Banyak penelitian yang dilakukan dengan hasil sama yaitu wanita hamil lebih disukai oleh nyamuk dibandingkan wanita biasa atau juga pria. Hal tersebut dikarenakan, wanita hamil menghasilkan 21 persen emisi karbondioksida lebih tinggi dibandingkan manusia lain.
Selain itu, suhu tubuh wanita yang sedang hamil juga lebih tinggi sekitar 1,26 derajat Fahrenheit (-17,2 derajat Celcius) dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil atau juga pria.


Warna pakaian
Menurut James Day, seorang medical entomologist dari University of Florida menyatakan bahwa nyamuk lebih mudah mendeteksi dan tertarik dengan korban yang menggunakan warna pakaian dengan warna hitam, biru tua dan merah daripada warna lainnya.


Baiklah sampai disini dulu ya, sekian dan terimakasih sudah mau membaca. Semoga Bermanfaat.....

Posting Komentar

Ayo guys, berikan komentarmu! dan harus dengan kalimat yang baik yaaa.

-Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
-Repost?credit please.....



Copyright© 2017.Siti Fatimah Al Islamiah.