>

Wednesday, November 26, 2014

7 MACAM JENIS LOGO PLASTIK

Pernakah kalian memperhatikan logo pada setiap kemasan plastik?
Plastik adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat benda-benda atau barang seperti kemasan air minum, peralatan dapur, furniture, peralatan elektronik, dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya.tapi ternyata benda-benda tersebut nyatanya tidak aman kesehatan kita, karena ada kandungan kimia di dalamnya. ya walaupun tidak semuanya sih!!
Meskipun berbahaya dan susah untuk dihindari mau tidak mau kita harus menggunakannya,ya setidaknya kita harus tahu berapa kadar kimia pada plastik tersebut. Pada bagian bawah wadah atau benda berbahan plastik, baik botol minuman, tempat nasi, atau lainnya, bisanya ada simbol segitiga (reycle), di dalamnya (segitiga) ada nomer 1, 2 sampai 7. Sering lihat, kan? Nah, itulah kode atau simbol kandungan kadar kimia pada benda-benda berbahan plastik tersebut, dan penting untuk diketahui jenis bahan serta dampak pemakaiannya. Dan kode-kode itu diletakkan demi keperluan keamanan. Ia mulai digunakan sejak tahun 1988 oleh The Society of Plastik Industri-nya Amerika Serikat.
Berikut penjelasanya dari kode/simbol pada plastik :

1. PET/PETE (Polyethylene Terephthalate)
 


Dipakai untuk botol plastik yang transparan atau tembus pandang contohnya botol air mineral dan botol jus, untuk botol jenis PET atau PETE ini dipakai hanya sekali saja, karena bila terlalu sering dipakai dan sering digunakan untuk menyimpan air hangat maupun panas dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan kanker.



2. HDPE (High Density Polythylene)

 
HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

Arti dari kode 3 ini adalah bahan pembuat botol plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, jika ditemukan sebagai botol air mineral atau pembungkus bahan makanan lainnya maka akan sangat berbahaya untuk kesehatan manusia,terutama ginjal,hati,dan berat badan.


4. LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE adalah bahan untuk mengolah plastik tipe coklat, yang biasanya dipakai untuk tempat makan, plastik kemasan dan botol – botol lembek.Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaan agak berlemak. bahan yang terbuat dari LDPE ini bersifat kuat dan sulit untuk dihancurkan tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.



5. PP (Polipropilen)
PP adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak,stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.
Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman karena kode dengan nomor ini adalah yang PALING TERBAIK.

6. PS (Polystyrene)


PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain.
Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6, namun bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik, bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga, dan meninggalkan jelaga.

 7. Other
Untuk kode nomor 7 ini biasanya digunakan pada peralatan rumah tangga seperti tempat sikat gigi, termos penyaring dan pembungkus piring. untuk bahan ini sifatnya sangat berbahaya, untuk kode ini dianjurkan untuk tidak di gunakan sebagai wadah minuman maupun makanan.

 Nah,sekarang jadi lebih tau kan... OK,SEMOGA BERMANFAAT ya guys...!

No comments:

Post a Comment

Ayo guys, berikan komentarmu! dan Jangan lupa patuhi peraturan dibawah ini :

- Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan
- Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
- Dilarang KERAS!! berkomentar yang mengandung unsur Negatif,SARA, Pornografi dan Judi
- Dilarang berkomentar yang tidak berhubungan dengan topik
- Dilarang promosi usaha (travel,olshop,obat,dll) dikolom komentar ini, dicbox saja boleh asal tidak nyepam
- No anonymous,unknown or delete -,-
- Tidak mematuhi? HAPUS!! Admin sering online untuk memantau blog ini
- Repost?credit please.....