❃ MIA PLANET ❃

ENTRY ABOUT ME FRIELFS STUFF bias






11 Bahaya Makan Mie Instan
Jumat, 09 Januari 2015 - Permalink - 0 Comments
Mendengar kata "mie instan" pasti kita semua tahu bukan. kita juga sering mengkonsumsinya kan guys,bahkan ada juga yang sering atau setiap hari. selain rasanya yang enak, cara pembuatan mie instan juga cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama alias praktis. So, banyak orang yang senang makan mie ini. tapi tahukah kalian apa saja bahaya mie instan? berikut diantaranya :




1. Menyebabkan kegemukan
Sering atau rutin mengkonsumsi mie instan akan cepat meningkatkan berat badan atau kegemukan. Lemak yang tinggi dan kandungan sodium dalam mie instan akan menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah besar dan lemak jenuh ini tidak bisa diserap tubuh sehingga tinggal menumpuk dan berubah menjadi lemak tubuh. Jadi tidak heran kalau anda sering mengkonsumsi mie instan berat badan anda bertambah secara cepat.

2. Mengandung Lilin
Selain mengandung zat natrium, kandungan lainnya yang terdapat pada mie instan yaitu kandungan zat lilin ( Hah..!! Lilin??!! ) He.. Kandungan zat lilin pada mie instan ini digunakan agar mie tidak lengket. sehingga ketika di masak secara otomatis mie akan memecah dengan sendirinya.

Semakin banyak kita mengkonsumsi mie instan sama juga dengan kita banyak memasukkan kandungan lilin ke dalam tubuh kita (bayangkan shobt, lilin masuk ke dalam tubuh kita, bagaiaman ya? ). Dimana zat lilin yang ada di dalam mie instan tersebut dapat merusak sistem pencernaan tubuh dikarenakan zat lilin tersebut dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 2 hari.

3. Mie instan adalah junk food
Makanan mie instan yang rasanya enak dimulut ternyata termasuk dalam kategori junk foods atau makanan sampah. Kandungan karbohidrat sangat tinggi didalamnya, namun tidak disertai oleh vitmain dan mineral serta serat. Selain itu, dalam mie instan juga mengandung cukup tinggi lemak jenuh sehingga efek kalori didalamnya menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Kandungan MSG 
Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mi. Sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.
Dan sebaiknya,mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker.

5. Mie instan bahaya bagi pencernaan
Bahaya mie instan bagi kesehatan juga sangat nampak kalau mie instan dikonsumsi setiap hari. Mengkonsumsi mie instan akan menyebabkan tersendat pencernaan, susah buang air besar dan tubuh tidak nyaman.

6. Tinggi natrium
Mi instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi. Kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mi instan berlebihan.

7. Kerusakan organ
Mi instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Kalau Propylene glycol diserap oleh tubuh maka zat ini akan menumpuk dalam area hati, liver, dan ginjal. Jadi masalah yang akan ditimbulkan adalah berkaitan dengan ketiga organ vital tubuh tersebut.
Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

8. Keguguran
Sejumlah wanita hamil yang makan mi instan selama kehamilan mengalami keguguran. Hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mi instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

9. Mie instan mengandung banyak sodium
Kandungan sodium yang tinggi dalam mie instan membuat mie cepat saji ini buruk bagi kesehatan. Karena sodium bisa memicu terjadinya darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan ginjal dan stroke. Penyakit ini akan rentan sekali terjadi terutama bagi mereka yang doyan sekali dengan mie instan.

10. Metabolisme tubuh
Kalau mie instan dikonsumsi secara terus menerus maka mie instan akan menjadi racun tubuh yang berbahaya. Kumpulan zat kimia dan pengawet serta zat pewarna pada mie instan menjadi racun yang siap membunuh. Caranya yaitu dengan melemahkan immune tubuh secara bertahap.

11. Menghambat nutrisi
Mengkonsumsi mie inatan juga bisa menyebabkan terhambatnya nutrisi, terutama bagi anak-anak dibawah 5 tahun. Bisa dibayangkan kalau mereka tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi. Mereka akan tumbuh melambat, kerdil, kurang gizi dan tumbuh menjadi anak bodoh. Kalau anda sudah tahu bahaya mie instan, maka jauhkan makanan ini pada anak-anak anda.

Label:

Posting Komentar

Ayo guys, berikan komentarmu! dan harus dengan kalimat yang baik yaaa.

-Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
-Repost?credit please.....



Copyright© 2017.Siti Fatimah Al Islamiah.