>

Thursday, January 08, 2015

20 Fakta Tentang Tidur


'

Tahukah kamu,ternyata tidur itu mempunyai sejuta rahasia yang jarang kalian ketahui guys! nggak percaya? coba lihat dulu dibawah ini... :

Tidur adalah istirahat paling baik dari semua jenis istirahat yang ada. Selain itu, tidur juga dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh kita setelah lelah dengan aktivitas, tentu saja tidur sesuai aturan dan batasan serta keteraturan dalam istirahat.

1. Kurang tidur lebih mematikan daripada kurang makan. Anda dapat bertahan tanpa makan hingga 2 minggu, namun anda bisa meninggal jika tidak tidur selama 10 hari.


2.  Masa tidur bergantung kepada umur yaitu :  Bayi butuh 16 jam, anak-anak butuh 10 jam, orang dewasa 8 jam dan orang lanjut usia 6 jam.
3. 12% daripada mimpi kita selalunya adalah berwarna hitam putih, Angka itu terus berkembang hingga akhirnya televisi berwarna ditemukan. Semenjak itulah lebih banyak manusia yang dapat bermimpi dengan 'layar' berwarna. 
4. Ternyata orang buta masih dapat melihat gambar saat tidur. Manusia yang terlahir buta bakal memimpikan tentang emosi, suara, bau dan sentuhan. Akan tetapi fakta menarik lain tentang mimpi adalah manusia bakal melupakan 50 persen mimpinya lima menit setelah terbangun. 10 Menit kemudian, hanya 10 persen dari mimpi manusia yang teringat. 
5. Ada beberapa hal penting yang positif terjadi saat kita tidur. Satu yang pasti, otak kita bakal kembali segar layaknya smartphone yang baru di-restart. Sebagian sel juga melakukan repair sehingga tubuh menjadi lebih segar ketika bangun
7. Sebuah fakta yang diungkap di Situs Reality Pod mengatakan bahwa 70 persen mimpi pria adalah tentang pria lain. Sedangkan wanita memiliki porsi yang sama tentang memimpikan pria dan wanita. Sementara fakta lainnya adalah kita hanya akan memimpikan wajah yang pernah kita lihat, terlepas kita mengingat wajah itu atau tidak.
8. Tidur siang itu penting,jika anda benar-benar lelah, maka segera tidur siang. Bahkan apabila hanya dilakukan selama 15 menit namun berkualitas, maka tidur bisa membuat tubuh Anda kembali segar.
9. Jika Anda menderita insomnia, cobalah untuk olahraga. Sebab ketika olahraga, aliran tubuh akan berjalan dengan lancar dan membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak.
10. Anda akan kehilangan banyak air lewat keringat dan pelepasan udara lembab dari dalam tubuh di malam hari. Sebenarnya kondisi ini juga terjadi di siang hari, namun makan/minum saat anda terjaga tentu menghalangi penurunan berat badan. Untuk itu agar benar-benar efektif, tidurlah minimal tujuh jam dalam semalam.
11. Jika Anda terbangun tengah malam, sebaiknya tetap ditempat dan mencoba tidur kembali. Faktanya saat Anda terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur kembali dalam 10-15 menit, sebaiknya Anda berpindah tempat dan mencoba tdur kemabli. Jika Anda masih tetap di tempat tidur, itu hanya akan membuat Anda susah tidur dan merasa gelisah.
12. Sebelum tidur sebaiknya melakukan aktivitas di kamar tidur agar bisa tertidur pulas. Faktanya jika banyak melakukan aktivitas di kamar tidur maka makin sulit Anda tidur disana. Sebaiknya, kamar tidur hanya digunakan untuk tidur dan melakukan hubungan seksual.
13. Meringkuk dibawah selimut akan membuat Anda lebih mudah tertidur. Faktanya suhu dingin membuat Anda lebih mudah tertidur, jadi bukalah jendela kamar Anda sedikit agar tidak kepansan dan tidak kedinginan.
14. Militer Inggris adalah yang pertama mengembangkan metode terjaga selama 36 jam tanpa tidur. Mereka menggunakan kacamata khusus yang membuat matahari seolah-olah baru terbit ketika mereka lelah hingga mereka dapat terjaga.
15. Lima menit setelah kamu bangun 50% mimpi kamu sudah lupa dan sepuluh menit sesudahnya sebanyak 90%.
16. Yang terjadi saat anda tidur adalah: otak mengisi ulang, regenerasi dan perbaikan sel-sel dan tubuh mengeluarkan hormon-hormon penting.
17. 1 dari 50 remaja masih ngompol di kasur saat tidur.
18. Saat lumba-lumba tidur, hanya setengah otak mereka yang tidur, setengahnya lagi tetap terjaga untuk membantu proses bernafas.
19. Kita hanya bisa memimpikan orang-orang yang pernah kita lihat sebelumnya, termasuk yang kita ingat atau sudah lupa.
20. Bermimpi adalah hal yang normal, sedangkan orang yang tidak bermimpi bisa jadi mengidap gangguan kepribadian.

Demikian ulasan yang dapatku sampaikan ya guys, semoga menambah wawasan!!



No comments:

Post a Comment

Ayo guys, berikan komentarmu! dan Jangan lupa patuhi peraturan dibawah ini :

- Berkomentarlah dengan kalimat yang baik dan sopan
- Boleh bertanya kepadaku jika kurang jelas. Insya'allah akan aku jawab
- Dilarang KERAS!! berkomentar yang mengandung unsur Negatif,SARA, Pornografi dan Judi
- Dilarang berkomentar yang tidak berhubungan dengan topik
- Dilarang promosi usaha (travel,olshop,obat,dll) dikolom komentar ini, dicbox saja boleh asal tidak nyepam
- No anonymous,unknown or delete -,-
- Tidak mematuhi? HAPUS!! Admin sering online untuk memantau blog ini
- Repost?credit please.....